01/08/2014 19:50
Awas, Ada 2.100 Pohon Rawan Tumbang
Awas, Ada 2.100 Pohon Rawan Tumbang

 

Jakartapress.com – Untuk menghindari ranting patah dan pohon tumbang, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta gencar melakukan pemangkasan ranting - ranting pohon di sejumlah titik di Jakarta.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakanan DKI, Catharina Suryowati, Kamis (1/12/2011) mengatakan, pemangkasan ranting pohon merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dinas dan suku dinas pertamanan di lima wilayah.

Namun, di saat memasuki musim hujan yang dimulai sejak November 2011, pihaknya telah mengintensifkan pemangkasan pohon yang memiliki ranting cukup lebat dan telah menjulur ke badan jalan.

"Hujan yang melanda di Jakarta biasanya cukup lebat disertai angin kencang sehingga mampu menumbangkan pohon. Apalagi rantingnya, pasti mudah patah. Pemangkasan pohon lebih digiatkan mengingat memasuki musim hujan tiba,” kata Catharina.

Pemangkasan dilakukan untuk mengurangi beban daun pohon yang sudah lebat, sehingga pohon tetap dapat berdiri baik saat angin kencang datang. Pohon yang dipangkas yang memiliki ketinggian mencapai 9-15 meter. Serta ranting dan daun-daunnya sudah menjulur ke badan jalan atau mengganggu rambu-rambu lalu lintas.

"Pohon-pohon yang rawan tumbang pun kami lakukan pemangkasan. Prioritas penopingan dilakukan pada pohon-pohon yang berada di jalan protokol atau jalan-jalan yang banyak dilalui kendaraan bermotor dan kendaraan umum. Khususnya jalan dengan kepadatan kendaraan bermotor cukup tinggi," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, sejak Januari hingga September 2011 telah ada sebanyak 3.329 pohon dipangkas. Dengan rincian, selama Januari 256 pohon, Februari 243 pohon, Maret 479 pohon, April 467 pohon, Mei 680 pohon, Juni 381 pohonn, Juli 256 pohon, Agustus 306 pohon, dan September 261 pohon.

Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta juga terus memantau pohon-pohon yang rawan tumbang. Dari sebanyak 70 ribu pohon yang telah dipantau, ditemukan tiga persen diantaranya atau sekitar 2.100 pohon rawan tumbang.

Dari pemantauan tersebut beberapa yang diperkirakan rawan tungbang karena akar terpotong, batang koropos, kemiringannya hingga 30 derajat, serta daun rimbun. [ant/fu]

Berita Terkait

Zoom In Zoom In   Reset Reset   Zoom Out Zoom Out  
 


www.jakartapress.com - PT. Image Power Communication
contents are law enforced and copyrighted ©.