03/09/2014 02:46
Jangan Tanam Pohon Besar Depan Rumah
Jangan Tanam Pohon Besar Depan Rumah

JAKARTAPRESS.COM - Tanaman merupakan sesuatu yang penting dan amat bermanfaat dalam feng shui. Banyak sekali manfaatnya, mulai dari kemampuannya untuk menahan sha qi (qi negatif), menarik sheng qi (qi positif), dan salah satu alat untuk mendeteksi apakah suatu tempat itu baik.

Dari sudut pandang lingkungan, pepohonan bermanfaat karena kemampuannya untuk menghasilkan udara segar, yang mana akan membuat suatu lokasi lebih asri dan menyenangkan.  

Secara garis besar, pepohonan kecil boleh ditanam dimana saja di bagian rumah. Tetapi untuk pohon berukuran sedang sampai besar tidak boleh berada di area depan rumah. Karena keberadaannya akan menyita qi yang seharusnya masuk kedalam rumah. Selain itu apabila tumbuhnya dekat dengan rumah, akar-akarnya dapat merusak pondasi rumah.  

Pohon berukuran sedang sampai besar yang tumbuh di bagian belakang rumah bermanfaat sebagai “gunung” yang melindungi rumah. Jika sisi Dragon rumah lemah, menanam pohon merupakan salah satu cara untuk memperkuatnya.  

Untuk bumi belahan Utara, lokasi ideal untuk menanam pohon besar umumnya di bagian sebelah Utara dari rumah. Karena dapat berfungsi sebagai penahan angin dingin dari arah Utara. Sebaliknya bagi bumi belahan Selatan, posisi pohon besar di bagian Selatan rumah atau plot tanah lebih baik. Untuk penahan angin dingin yang bertiup dari Selatan.  

Jika hendak menanam pohon atau membangun rumah di lokasi yang banyak pepohonan, harus memperhatikan agar tidak ada dahan besar yang mengarah langsung ke pintu utama. Cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung kearah pintu masuk rumah disebut sebagai “shar” atau “poison arrow”. Shar ini dapat membawa sha qi (qi negatif) langsung kedalam rumah.

Cara terefektif untuk menghilangkan shar ialah dengan menebang cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung ke pintu masuk. Hal lain yang juga harus diperhatikan ialah dahan yang miring dan menyandar pada atap rumah. Ini tidak hanya berbahaya apabila ada angin kencang, tetapi juga dapat menyebabkan penghuni rumah selalu merasa dalam banyak tekanan.  

Ada beberapa tanaman yang mempunyai nilai tinggi secara feng shui. Money tree, jade tree, bambu, jeruk kum kuat, jeruk mandarin merupakan beberapa contoh tanaman yang “feng shui friendly”. Money tree karena bentuk daunnya yang bundar menyerupai koin / uang. Jade tree karena hijau daun nya yang mirip batu giok / jade. Jeruk kum kuat dan mandarin karena buahnya yang selain dapat dikonsumsi juga mirip warna emas. 

Bambu merupakan lambang dari kelenturan dan kekuatan.   Sebaliknya, tanaman yang berduri tidak disukai. Karena duri-duri yang tajam dapat menimbulkan sha qi (qi negatif). Tanaman kaktus tidak baik jika ditanam di bagian depan rumah. Tanaman bonsai (di kerdilkan) juga kurang baik, karena lambang dari sesuatu yang tumbuhnya terbatas dan terhambat.   

Kondisi pohon dan tanaman juga harus diperhatikan. Harus selalu sehat dan segar. Dengan begitu dapat menarik sheng qi (qi positif) untuk rumah dan lokasi sekitarnya. Sebaliknya tanaman dan atau pohon yang tidak sehat dan layu atau mati hanya akan menghasilkan sha qi (qi negatif).

Jadi jangan membiarkan tanaman yang ada dirumah dan sekitarnya tidak sehat dan mati, karena dengan membiarkan hal itu terjadi  berarti kita mengundang penyakit dan kematian bagi tubuh kita, dan aspek keuangan kita.(tia/ln)

Berita Terkait

Zoom In Zoom In   Reset Reset   Zoom Out Zoom Out  
 


www.jakartapress.com - PT. Image Power Communication
contents are law enforced and copyrighted ©.