28/08/2014 03:00
Asal Usul Nama Banyuwangi
Asal Usul Nama Banyuwangi

JAKARTAPRESS.COM - Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang terletak di ujung paling Timur Pulau Jawa, memiliki pelabuhan yang bernama Ketapang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Konon asal mula nama kota tidak terlepas dari sebuah legenda air.

Menurut cerita orang – orang tua di sana, ada  kerajaan besar yang diperintah oleh seorang raja dan punya putra namanya Raden Banterang. Putra satu – satunya itu suka berburu.

Raden Banterang pernah berburu kijang di hutan saking semangatnya dia terpisah dari rombongannya. Bukan kijang yang didapat Banterang bertemu putri asal Klungkung Bali namanya Surati.

Surati mengaku menyelelamatkan diri ke hutan dari kejaran musuh, sementara ayahnya gugur dalam mempertahankan kerajaaan. Mendengar hal tersebut sang pangeran, Raden Banterang pun jatuh hati lalu ingin mempersunting Surati.

Tapi ternyata, yang membunuh keluarga Surati adalah ayah Raden Banterang. Maka, Rupadaksa kakak Surati mengajak balas dendam. Surati menolak, namun Rupadaksa diam- diam meletakan ikat kepala di bawah bantal Surati lalu pergi.

Di lain tempat, Randen Banterang mendapat pesan dari seseorang tentang adanya orang yang akan membunuhnya. Sebagai bukti, ada ikat kepala di bawah bantal Surati.

Raden Banterang mengecek bawah bantal Surati, dan menuduh calon istrinya itu akan membunuh keluarga kerajaan.  Lalu Surati diceburkan ke sungai. Meskipun sudah dijelaskan Surati Randen Banterang tetap kalap.

Bahkan akan membunuh Surati dengan pedangnya. Sebelum akhirnya Surati menghilang di tengah sungai ia berpesan, jika air sungai itu menjadi bening dan harum baunya, berarti dirinya tidak bersalah, tetapi, jika tetap keruh dan bau busuk, berarti dia bersalah.

Tidak berapa lama, terjadi sebuah keajaiban. Bau harum merebak di sekitar sungai. Melihat kejadian itu, Raden Banterang berseru dengan suara gemetar. Sejak saat itu, sungai menjadi harum baunya. Dalam bahasa Jawa disebut Banyuwangi. Banyu artinya air dan wangi artinya harum. Nama Banyuwangi kemudian menjadi nama kota itu. [nera]

Berita Terkait

Zoom In Zoom In   Reset Reset   Zoom Out Zoom Out  
 


www.jakartapress.com - PT. Image Power Communication
contents are law enforced and copyrighted ©.