23/09/2014 02:14
Berwisata Irit Ala Backpacker Murah
Berwisata Irit Ala Backpacker Murah

ilust

JAKARTAPRESS.COM -  Anda suka jalan-jalan alias traveling, tapi nggak mau keluar banyak uang?  gabung saja di Komunitas Backpacker murah. Di komunitas ini, biaya berwisata yang mahal bisa di tekan seminim mungkin.

Back Packer Murah terbentuk dua tahun lalu. Semua berawal dari tiga sekawan yang gemar berwisata, yakni Ridwan Faridan, Adolf Sebastian Abdullah dan Syaroni Wibisono. Mereka berkumpul sehingga tercetuslah ide membuat sebuah komunitas backpacker yang lebih menekankan biaya perjalanan yang murah.

“Kalau kita membentuk komunitas maka kita akan melakukan perjalanan bersama-sama. Nah, kalau sudah begitu maka biaya perjalanan akan menjadi murah, karena bisa saling share biaya,” jelas Ridwan.

setiap bulannya ada saja perjalanan dilakukan komunitas ini, seperti ke Baduy, Kampung Naga Tasikmalaya, Gunung Bunder, Kepulauan Seribu, lalu ke Bali. Kesemuanya mereka jalani dengan harga yang sangat murah.

“Tidak hanya itu, kita juga beberapa kali melakukan perjalanan dalam kota seperti berkunjung ke museum, dan berkunjung ke rumah ibadah tua di Jakarta,” ujar Ridwan.

Komunitas ini dibentuk bukan hanya untuk menekan biaya perjalanan, tetapi juga sebagai wadah untuk para pemula yang ingin berwisata ala backpacker. Di komunitas ini, mereka yang masih bingung berwisata ala backpacker bisa saling sharing mengenai tempat wisata serta persiapan-persiapannya.

Sampai saat ini, ada sekitar 700 orang yang terdaftar di komunitas ini melalui Facebook, namun lanjut Ridwan, dari member yang mendaftar hanya 30 orang saja yang kerap berkumpul.

Uniknya, para anggota backpacker murah ini ternyata tidak hanya berdomisili di Jakarta saja, ada yang dari Bandung, Bogor, Yogyakarta bahkan negara tetangga Malaysia, begitu juga dengan profesinya sangat beragam ada yang mahasiswa, PNS, karyawan, bahkan ibu rumah tangga.

Salah satu kiat berwisata murah, mulai dari menawar “mati-matian” ataupun memanfaatkan rumah sanak saudara atau teman yang bisa dijadikan tempat bermalam saat berwisata. [ jP]

Berita Terkait

Zoom In Zoom In   Reset Reset   Zoom Out Zoom Out  
 


www.jakartapress.com - PT. Image Power Communication
contents are law enforced and copyrighted ©.